A.
Visi Sekolah
Dalam merumuskan visi, pihak-pihak yang terkait (stakeholders)
bermusyawarah, sehingga visi sekolah mewakili aspirasi berbagai kelompok yang
terkait, sehingga seluruh kelompok yang terkait (guru, karyawan, siswa, orang
tua, masyarakat, pemerintah) bersama-sama berperan aktif untuk mewujudkannya.
Berikut ini merupakan visi yang
dirumuskan oleh SMA Negeri 1 Dongko,
“Unggul dalam prestasi, beriman, bertaqwa, berbudi pekerti luhur
dan disiplin”.
Indikator Visi ;
·
Unggul
dalam perolehan Nilai Ujian Nasional (NUN)
·
Meningkatkan
jumlah siswa yang di terima di PTN
·
Tingginya
daya serap
·
Unggul
dalam lomba kesenian
·
Unggul
dalam pertandingan olah raga
·
Unggul
dalam ketrampilan Komputer
·
Unggul
dalam berbahasa Inggris
·
Terampil
baca tulis Al Qur’an
·
Taat beribadah sesuai dengan agama yang dianut
·
Berakhlaq dan berbudi pekerti yang dijiwai
keimanan dan ketaqwaan
·
Tidak mengkonsumsi dan menyalahgunakan
obat-obat terlarang.
Kami memilih visi ini untuk tujuan
jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek. Visi ini menjiwai warga
sekolah kami untuk selalu mewujudkannya setiap saat dan berkelanjutan dalam
mencapai tujuan sekolah.
Visi tersebut mencerminkan profil dan
cita-cita sekolah yang :
·
berorientasi
ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian
·
sesuai dengan norma dan harapan masyarakat
·
ingin
mencapai keunggulan
·
mendorong semangat dan komitmen seluruh warga
sekolah.
·
mendorong adanya perubahan yang lebih baik
·
mengarahkan langkah-langkah yang strategis
(misi) sekolah
B. Misi Sekolah
Untuk mencapai visi tersebut, perlu
dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas.
Misi SMA Negeri 1 Dongko adalah:
“Di setiap kerja komunitas pendidikan, kami selalu menumbuhkan
disiplin sesuai aturan bidang kerja masing-masing, saling menghormati dan
saling percaya dan tetap menjaga hubungan
kerja yang harmonis dengan berdasarkan pelayanan prima, kerjasama, dan
silaturahmi”.
Penjabaran misi di atas meliputi :
1. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
2. Menumbuhkan penghayatan terhadap agama yang dianutnya dan juga berbudaya bangsa sehingga menjadi sumber kreatifitas didalam bertindak dan berpijak sebagai aplikasi budi pekerti luhur.
3. Meningkatkan rasa kekeluargaan antar komponen sekolah dan menggalang kerjasama dengan masyarakat sekitar.
1. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
2. Menumbuhkan penghayatan terhadap agama yang dianutnya dan juga berbudaya bangsa sehingga menjadi sumber kreatifitas didalam bertindak dan berpijak sebagai aplikasi budi pekerti luhur.
3. Meningkatkan rasa kekeluargaan antar komponen sekolah dan menggalang kerjasama dengan masyarakat sekitar.
No comments:
Post a Comment